Menggunakan Store Procedure Oracle di PHP

Leave a Comment
Bismillahirrahmanirrahim, gak kerasa udah setahun lebih vakum blogging, karena berbagai kesibukan. Oke langsung saja - mumpung sempet - ayas mau bagi sedikit ilmu, semoga bermanfaat. Ilmu ini ayas dapetin karena kepepet kerjaan. Jadi gini, karena suatu kebutuhan, aplikasi yang ayas dan tim kembangin di tempat kerja, diharuskan untuk jalanin Procedure di PHP, PHP kami pake framework CI trus database-nya pake Oracle.
Singkatnya, setelah gugling2  dan dapet petuah dewa dari salah satu tim ayas (namanya Hamid, single :p) akhirnya ayss akhirnya nemuin caranya, Alhamdulillaah..
Oke Step 1, coba nawak2 bikin procedure testing dengan parameter di Oracle. Gini Contohnya :
CREATE OR REPLACE PROCEDURE COBA
(
  VID_PELANGGAN IN VARCHAR2 
) AS
BEGIN
  INSERT INTO BUREM (ID_PELANGGAN) VALUES (VID_PELANGGAN);
END COBA;
Maksud dari contoh procedure di atas adalah kita mau insert 1 data ke tabel BUREM, dengan parameter id_pelanggan. Nah parameter itu yg ntar dipanggil di coding-an nawak. Oh iya, untuk tabel yg dipake di atas, ini strukturnya :

 Step 2,untuk di level aplikasinya. Kebetulan ayas pake PHP framework Codeigniter. Contoh source code nya :
$params1_val='burem';
$params = array(
array('idlgn' => ':idlgn', 'value' => $params1_val, 'type' => SQLT_CHR, 'length' => 7),
);
$stmt = oci_parse($this->db->conn_id, "begin coba(:idlgn); end;");

foreach($params as $p)
oci_bind_by_name($stmt, $p['idlgn'], $p['value'], $p['length']);
$r = ociexecute($stmt);
 FYI, untuk pengaksesan database Oracle di PHP, perlu dikenalin pake driver php oci, nawak. Taruh contoh source code barusan, di salah satu function nawak, kemudian jalanin di browser kesayangan nawak hebak. Jika function berfungsi, maka data di variabel params1_val, akan masuk ke tabel BUREM, seperti pada gambar di bawah ini :

Oke itu aja sedikit share ilmu dari ayas, semoga bermanfaat buat nawak hebak, maaf kalo berantakan dan susah dimengerti, SALAM SATU JIWA!

0 komentar:

Post a Comment

.